Evaluasi Kondisi Perkerasan Lentur Yang Melintasi Perlintasan Sebidang Jalur Kereta Api Menggunakan Metode Pci Dan Bina Marga (Evaluation of Flexible Pavement Condition Located Accross Railway Using Pci and Bina Marga Method)
Abstract
Jalan Bypass Yogyakarta - Solo merupakan jalan nasional yang menghubungi
Yogyakarta dan Solo. Jalan ini merupakan jalan dengan 2 jalur, 2 lajur yang mempunyai 2 arah
tanpa dibatasi median. Di ruas Jalan ini juga terdapat 2 lintasan kereta api yang disekitarnya
terdapat beberapa macam kerusakan jalan yaitu pada jalan Diponegoro dan jalan Kartini. Pada 2
ruas Jalan ini dengan total masing - masing 800 m untuk satu ruas jalan dua arah yang perlintasan
kereta api terdapat jalan rusak yang diakibatkan oleh lamanya kendaraan berat yang terhenti di
depan pintu perlintasan kereta api. Maka, pada penelitian ini akan dilakukan penelitian tentang
kinerja ruas jalan tersebut menggunakan metode PCI dan Bina Marga.
Tujuan dari hasil penelitian ini adalah mengetahui jenis dan tingkat kerusakan yang
terjadi pada struktur perkerasan pada ruas jalan Diponegoro dan jalan Kartini yang melintasi jalan
rel dengan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dan Bina Marga (BM) serta
mengetahui dan menentukan jenis pemeliharaan yang dapat di lakukan untuk memperbaiki ruas
jalan tersebut.
Dari hasil pengamatan di lapangan, jenis-jenis kerusakan yang terdapat pada ruas jalan
Diponegoro dan jalan Kartini yang dilintasi kendaraan berat adalah Alligator Cracking, Potholes,
Block Cracking, Longuitudinal and Transversal Cracking, Patching, Shoving, dan Railroad
Crossing. Berdasarkan metode Pavement Condition Index (PCI), kerusakan yang mendominasi
adalah kerusakan jenis Alligator Cracking dengan low severity level di ruas jalan Diponegoro dan
jalan Kartini, dengan masing-masing total densitynya adalah 17.23 % dan 8%. Pada masingmasing
ruas terdapat 4 titik sampel kerusakan yang menjadi perhatian yaitu railroad crossing
dengan high severity level yang mempunyai total densitynya sebesar 1.43% dan 1.37%. Kondisi
ruas jalan Diponegoro adalah sedang (fair) dengan nilai PCI 49. Sedangkan, kondisi ruas jalan
Kartini adalah baik (good) dengan nilai PCI 68,563.
Berdasarkan analisis Bina Marga, nilai prioritas rerata untuk ruas jalan Diponegoro dan
jalan Kartini adalah 7.313 dan 7.5625, dimana dibutuhkan program pemeliharaan rutin pelayanan
jalan yang mengalami kerusakan.
Collections
- Civil Engineering [4258]