Implementasi Business Intelligence Untuk Membuat Keputusan Buka Cabang Bengkel Ahass Dengan Metode Online Analytical Processing (Olap) (Studi Kasus : Ahass Mitra Buana Group )
Abstract
AHASS Mitra Buana merupakan salah satu bagian dari PT Astra Honda Motor, dengan
komitmen untuk melayani konsumen dengan pelayanan yang rama dan memberikan
edukasi terkait masalah motor dari pengguna tersebut. Saat ini AHASS Mitra Buana
Group memiliki 12 jaringan perusahaan yang tersebar di seluruh wilayah klaten namun
untuk mengembangkan bisnisnya perusahaan ingin membuka anak perusahaan baru.
Tujuan penelitian ini dapat menemukan wawasan dari data yang dianalisis untuk
membuat suatu keputusan buka cabang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu implementasi business intelligence, dengan data transaksi 2018-2021, data laporan
keuangan 2018-2021 dan data laju pertumbuhan penduduk. Sebelum masuk pada
pengolahan data menggunakan software Microsoft power BI semua data yang digunakan
masuk pada proses intergasi data Extract, Transform, Load (ETL) dengan tujuan data
sesuai dengan kebutuhan penelitian. Hasil dari penelitian ini didapatkan informasi berupa
3 visualisasi, diketahui visualisasi data transaksi 2018-2021 produk oli MPX2 10W30
SLMB 0,8L NIP memiliki jumlah permintaan tertinggti selama 4 tahun terakhir dengan
jumlah transaksi menurun setiap tahunnya pada visualisasi laporan keuangan 2018-2021
diketahui untuk pendapatan kotor menurun selama 4 tahun terakhir pada visualisasi
terakhir diketahui Kecamatan dengan jumlah penduduk yaitu Kecamatan Trucuk, lalu
untuk laju pertumbuhan tertinggi terjadi pada Kecamatan Klaten Selatan. Harapannya
dari informasi diatas perusahaan dapat menjadi bahan pertimbangan pengambilan
keputusan untuk buka cabang baru.
Collections
- Industrial Engineering [2225]