Show simple item record

dc.contributor.authorKRISTIAWAN
dc.date.accessioned2023-01-05T02:55:37Z
dc.date.available2023-01-05T02:55:37Z
dc.date.issued2022-10-06
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41469
dc.description.abstractAHASS Mitra Buana merupakan salah satu bagian dari PT Astra Honda Motor, dengan komitmen untuk melayani konsumen dengan pelayanan yang rama dan memberikan edukasi terkait masalah motor dari pengguna tersebut. Saat ini AHASS Mitra Buana Group memiliki 12 jaringan perusahaan yang tersebar di seluruh wilayah klaten namun untuk mengembangkan bisnisnya perusahaan ingin membuka anak perusahaan baru. Tujuan penelitian ini dapat menemukan wawasan dari data yang dianalisis untuk membuat suatu keputusan buka cabang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu implementasi business intelligence, dengan data transaksi 2018-2021, data laporan keuangan 2018-2021 dan data laju pertumbuhan penduduk. Sebelum masuk pada pengolahan data menggunakan software Microsoft power BI semua data yang digunakan masuk pada proses intergasi data Extract, Transform, Load (ETL) dengan tujuan data sesuai dengan kebutuhan penelitian. Hasil dari penelitian ini didapatkan informasi berupa 3 visualisasi, diketahui visualisasi data transaksi 2018-2021 produk oli MPX2 10W30 SLMB 0,8L NIP memiliki jumlah permintaan tertinggti selama 4 tahun terakhir dengan jumlah transaksi menurun setiap tahunnya pada visualisasi laporan keuangan 2018-2021 diketahui untuk pendapatan kotor menurun selama 4 tahun terakhir pada visualisasi terakhir diketahui Kecamatan dengan jumlah penduduk yaitu Kecamatan Trucuk, lalu untuk laju pertumbuhan tertinggi terjadi pada Kecamatan Klaten Selatan. Harapannya dari informasi diatas perusahaan dapat menjadi bahan pertimbangan pengambilan keputusan untuk buka cabang baru.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectBusiness Intelligenceen_US
dc.subjectExtracten_US
dc.subjectTransformen_US
dc.subjectLoad (ETL)en_US
dc.subjectBengkelen_US
dc.subjectOnline Analytical Processing (OLAP)en_US
dc.titleImplementasi Business Intelligence Untuk Membuat Keputusan Buka Cabang Bengkel Ahass Dengan Metode Online Analytical Processing (Olap) (Studi Kasus : Ahass Mitra Buana Group )en_US
dc.Identifier.NIM18522235


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record