Hubungan Rasa Syukur Dan Stres Akademik Pada Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Merebaknya virus COVID-19 mengakibatkan pemberlakuan sistem pembelajaran
daring di Indonesia. Hal ini berdampak pada kondisi stres akademik di kalangan
mahasiswa. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan rasa syukur
dan stres akademik pada mahasiswa di masa pandemi COVID-19. Hipotesis dalam
penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif antara rasa syukur dan stres akademik
pada mahasiswa di masa pandemi COVID-19. Subjek yang berpartisipasi dalam
penelitian ini sebanyak 215 orang dengan kriteria berusia 18-24 tahun dan sedang
menjalani seluruh kegiatan kuliah secara daring. Alat ukur yang digunakan dalam
penelitian ini adalah skala stres akademik milik Bedewy dan Gabriel (2015) yang
diadaptasi oleh Muhtar (2021) dan skala rasa syukur yang dikembangkan oleh
Listiyandini dkk.(2015). Hasil penelitian dengan menggunakan uji korelasi Pearson
menemukan nilai signifikansi p = 0.000 (p<0.05) dengan koefisien korelasi sebesar r
= -0.448. Maka dari itu, hipotesis yang diajukan oleh peneliti dapat diterima.
Collections
- Psychology [2270]