Strategi Pemasaran Islam Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Santi Mebel Yogyakarta
Abstract
Bisnis merupakan suatu aktivitas yang membutuhkan pemahaman
serius, hal penting yang harus dilakukan seorang dalam
menjalankan bisnis yaitu dengan merancang sebuah strategi,
sehingga dalam berbisnis dapat menguntungkan dan mempunyai
prospek yang bagus. Salah satu strategi yang diaplikasikan dalam
bisnis yaitu menerapkan teori dan konsep strategi pemasaran
Islami dan telah menjalankan konten Islami yang terdiri atas
penerapan karakteristik pemasaran Islami. Dalam strategi ini
bagaimana cara menerapkan 4P yang terdiri product, price,
promotion dan place yang dikombinasikan dengan metode
segmentasi, targeting dan positioning yang dilakukan oleh Santi
Mebel untuk merebut persaingan pasar. Dari hal tersebut ada tiga
rumusan masalah yaitu: a) Bagaimana strategi pemasaran Islam
Santi Mebel dalam meningkatkan penjualan, b) Bagaimana
kelebihan dan kekurangan penerapan strategi pemasaran islam
pada Santi Mebel, dan c) Apakah strategi pemasaran Islam
berpengaruh terhadap peningkatan penjualan Santi Mebel?
Penelitian ini menggunakan metode field research dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan
adalah sumber data primer. Sedangkan teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.
Untuk teknik analisis data adalah data kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Santi Mebel telah menjalankan strategi
pemasaran Islami dan ketuhanan, etis, realistis. Berdasarkan hasil
analisis Strategi Pemasaran Islam.
Collections
- Islamic Economics [828]