PEKEN BANYUMASAN: STRATEGI INOVASI KREATIF PADA PEMULIHAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) AKIBAT PANDEMI COVID-19
Date
2022-10-20Author
Wahyuningrum, Tenia
Pamungkas, Galih Putra
Ramadhan, Gilang
Metadata
Show full item recordAbstract
Dampak pandemi Covid-19 dalam perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah
(UMKM) telah dirasakan oleh para pelaku usaha, terutama di daerah Kabupaten
Banyumas. Oleh karena itu, pemulihan UMKM di era normal baru membutuhkan strategi
dan inovasi. Salah satu strategi dalam memasarkan produk yaitu dengan menggabungkan
kreasi seni dan ruang usaha, yang dinamakan “Peken Banyumasan”. Kegiatan dalam
agenda “Peken Banyumasan” yaitu pendampingan, pelatihan dan penyediaan sarana
prasarana dalam wirausaha. Metode pelaksanaan yang digunakan terdiri dari 4 tahapan
yaitu analisis situasi dan kondisi mitra, sosialisasi dan kerja sama, pelaksanaan program,
dan upaya tindak lanjut. Hasil strategi inovasi berbasis seni dan budaya dalam usaha
pemulihan UMKM di wilayah Kabupaten Banyumas telah berhasil diterapkan. Berbagai
pelatihan dan pendampingan yang diberikan kepada pelaku UMKM telah diterapkan dan
mendapatkan respon positif dari masyarakat. Hasil survei kepuasan peserta UMKM
menyatakan bahwa 87% telah puas dengan kegiatan “Peken Banyumasan”. Sebanyak 90%
responden bersedia untuk mengikuti kegiatan tersebut jika diselenggarakan kembali.