Show simple item record

dc.contributor.authorWahyuningrum, Tenia
dc.contributor.authorPamungkas, Galih Putra
dc.contributor.authorRamadhan, Gilang
dc.date.accessioned2022-12-29T04:16:28Z
dc.date.available2022-12-29T04:16:28Z
dc.date.issued2022-10-20
dc.identifier.issn2963-2277
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41431
dc.description.abstractDampak pandemi Covid-19 dalam perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) telah dirasakan oleh para pelaku usaha, terutama di daerah Kabupaten Banyumas. Oleh karena itu, pemulihan UMKM di era normal baru membutuhkan strategi dan inovasi. Salah satu strategi dalam memasarkan produk yaitu dengan menggabungkan kreasi seni dan ruang usaha, yang dinamakan “Peken Banyumasan”. Kegiatan dalam agenda “Peken Banyumasan” yaitu pendampingan, pelatihan dan penyediaan sarana prasarana dalam wirausaha. Metode pelaksanaan yang digunakan terdiri dari 4 tahapan yaitu analisis situasi dan kondisi mitra, sosialisasi dan kerja sama, pelaksanaan program, dan upaya tindak lanjut. Hasil strategi inovasi berbasis seni dan budaya dalam usaha pemulihan UMKM di wilayah Kabupaten Banyumas telah berhasil diterapkan. Berbagai pelatihan dan pendampingan yang diberikan kepada pelaku UMKM telah diterapkan dan mendapatkan respon positif dari masyarakat. Hasil survei kepuasan peserta UMKM menyatakan bahwa 87% telah puas dengan kegiatan “Peken Banyumasan”. Sebanyak 90% responden bersedia untuk mengikuti kegiatan tersebut jika diselenggarakan kembali.en_US
dc.subjectUsaha Mikro Kecil Menengah, Inovasi, Kreasi, Wirausahaen_US
dc.titlePEKEN BANYUMASAN: STRATEGI INOVASI KREATIF PADA PEMULIHAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) AKIBAT PANDEMI COVID-19en_US
dc.typeBooken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record