PENERAPAN KONSEP PEMASARAN DIGITAL PADA KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM) SEBAGAI WUJUD PEMBERDAYAAN DALAM MENYARING INFORMASI HOAKS DI LINGKUNGAN DESA
Date
2022-10-20Author
Prabowo, Faizal Haris Eko
Sujai, Ii
Firmansyah, Muhammad Farhan
Gunawan, Indra
Taufik, Nuryanti
Metadata
Show full item recordAbstract
Kegiatan ini dilaksanakan bersama Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa
Sukamaju Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis sebagai mitra untuk mengatasi
masalah utama yaitu: Belum adanya rancangan konten informasi yang tersusun dengan
kesesuain dengan visi dan misi melalui media digital, para anggota mitra sudah mencoba
menggunakan media digital tetapi belum terlalu memahami hingga detil. Lalu. Minimnya
literasi mengenai pemasaran digital, sehingga peluang untuk meningkatkan penyebaran
informasi di desa sukamaju kecamata cihaurbeuti kabupaten ciamis tidak berjalan dengan
efektif. Berdasarkan permasalahan yang dialami oleh mitra, kegiatan ini bertujuan untuk
memberikan pelatihan dan pendampingan dalam merancang dan mengaplikasikan strategi
pemasaran dengan menggunakan media digital sehingga KIM dapat melakukan pemasaran
pada media digital dengan efektif. Para kelompok ini selanjutnya akan dilatih dan
didampingi sehingga proses pemahaman pemasaran melalui media digital dapat meningkat
secara perlahan. Metode pelaksanaan yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini adalah
pelatihan dan pendampingan yang terbagi menjadi tiga tahapan utama yang didalamnya
terdapat tahapan-tahapan teknis yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
Kegitan ini memiliki tindak lanjut yakni akan dilakukannya penelitian mengenai strategi
pengembangan pemasaran digital pada organisasi yang memberikan informasi valid agar
adanya hilirisasi antara penelitian dan pengabdian dengan memadukan KIM dengan
teknologi digital