PELAYANAN PUBLIK BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT PASEMAH KOTA PAGAR ALAM PADA MASA PANDEMI COVID-19
Date
2022-10-20Author
Hardiyansyah, Hardiyansyah
Kasisariah, Tri Rusilawati
Metadata
Show full item recordAbstract
Sejak pandemi Covid-19, muncul berbagai keluhan terhadap pelayanan publik yang
disampaikan masyarakat melalui media sosial, seperti facebook, whatsapp, twitter,
instagram dan lain-lain. Di samping akibat dari pandemi Covid-19, diduga keluhan itu
muncul karena implementasi kebijakan pelayanan public berbasis teknologi informasi dan
komunikasi (TIK) belum optimal, nilai-nilai kearifan lokal dalam pelayanan publik kadang
terabaikan dan pelayanan publik cenderung kaku serta pendekatan yang procedural.
Idealnya walaupun situasi sulit yang dihadapi seperti sekarang ini, pelayanan publik harus
tetap baik dan berkualitas. Berdasarkan hasil penelitian melalui mix method dengan analisis
strengths, weaknesses. opportunities, and threats (SWOT), diperoleh dua strategis, yaitu:
1) Optimalisasi aparatur sipil negara (ASN) melalui pemanfaatan teknologi informasi
dalam pelayanan publik; dan 2) Pemanfaatan nilai-nilai kearifan lokal dengan dukungan
teknologi informasi dan regulasi.