Dukungan Sosial Dan Regulasi Emosi Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Di Masa Pascapandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perananh dukungan sosial dan regulasi emosi
sebagai prediktor penyesuaian siswa di masa pascapandemi COVID-19. Penelitian ini
melibatkan 270 orang siswa kelas X dan XI SMA N “X” Jepara. Data penelitian ini telah
dikumpulkan menggunakan tiga skala penelitian: Psychological Adjustment Scale (PAS) yang
dikembangkan oleh Haber dan Runyon; Multidimensional Scale of Perceived Social Support
(MSPSS) dari Zimet et.al., dan Emotional Regulation Questionnaire (ERQ) dari Gross dan
John. Uji validitas instrumen menggunakan teknik Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan
teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dukungan sosial dan regulasi emosi
terhadap penyesuaian diri sebesar 14,7%. Artinya, proporsi varians dari penyesuaian diri yang
dijelaskan secara bersama-sama oleh dukungan sosial dan regulasi emosi adalah sebesar 14,7%
sementara 85,3% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.
Collections
- Master of Psychology [349]