Implementasi Metode K-Modes Clustering Dan CHAID Classification Sebagai Keputusan Pendaftaran BPOM Dan Prediksi Penjualan (Studi Kasus: Masker Organik Eldey)
Abstract
Eldey merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang kecantikan.
Saat ini industri kecantikan di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat
dan merupakan salah satu industri yang dinamis. Bisnis Kecantikan yang Eldey
bangun ditahun 2020 dengan produk awal adalah masker organik. Masker organik
yang diproduksi oleh Eldey adalah handmade yakni pembuatannya masih
dilakukan secara organik (menggunakan pembuatan rumahan). Pada awal tahun
2021, kosmetika jenis masker organik mendapat peringatan untuk bersertifikat
BPOM sehingga pada kuartal I tahun 2021 Eldey memberhentikan penjualan
masker organik untuk mengurus izin BPOM. Eldey memiliki 9 varian, yang mana
jika ingin dilakukan pendaftaran varian masker harus masing-masing varian
didaftarkan. Namun hal ini terlalu mengeluarkan banyak biaya. Sehingga
diperlukan analisis yang dapat membantu pertimbangan keputusan pemilihan
varian masker organik berdasarkan data penjualan tahun 2020. Sebelum itu,
dilakukan validasi customer dengan analisis sentimen dimana hasil dari analisis
sentimen menunjukkan 50% dari opini customer menyatakan positif yang artinya
masih banyak customer yang tertarik dan menantikan masker organik eldey.
Untuk mendapatkan prioritas varian masker,perlu untuk mengetahui pola
pembelian customer menggunakan analisis klaster, dimana metode k-modes
digunakan pada data ini sehingga diperoleh klaster optimum adalah 4. Diketahui
berdasarkan masing-masing karakteristik dari klaster, maka varian yang
diprioritaskan dalam pendaftaran BPOM adalah varian choco dan matcha.
Kemudian dilakukan analisis klasifikasi CHAID untuk masing-masing klaster
untuk mendapatkan prediksi penjualan masker organik.
Collections
- Statistics [969]