Analisis Atribut Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Metode Fuzzy-Service Quality (Studi Kasus Pada Resto Yum Chicken Yogyakarta)
Abstract
Pandemi yang melanda Indonesia menyebabkan penurunan pendapatan UMKM dari
berbagai sektor, salah satunya adalah UMKM yang bergerak dibidang industri rumah
makan. Selain itu banyaknya persaingan antar rumah makan di Kota Yogyakarta
membuat pesaingan semakin kompetitif. Sebagai salah satu usaha yang bergerak dibidang
industri rumah makan, Yum Chicken Yogyakarta perlu mempertahankan kualitas
pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk
dapat mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan. Serta dapat mengetahui atribut apa
saja yang menjadi prioritas untuk dapat ditingkatkan oleh Yum Chicken Yogyakarta agar
dapat meningkatkan kualitas pelayanan. Metode yang digunakan adalah metode Service
Quality yang dikombinasi dengan metode Fuzzy. Hasil yang didapat dalam penelitian ini
pada metode Fuzzy nilai terbesar yang didapatkan dari perhitungan kinerja yaitu pada
atributَّ“kemudahanَّdalamَّmemesanَّmakanan”َّdenganَّnilaiَّsebesarَّ3,53.َّSementaraَّnilaiَّ
terbesar dari perhitungan harapanَّ yaituَّ padaَّ atributَّ “karyawanَّ memberikanَّ perhatianَّ
danَّbantuanَّketikaَّpelangganَّkesulitan”َّdenganَّnilaiَّsebesarَّ4,80.َّUntuk gap terbesar
yang didapatkan ada padaَّ atributَّ “keamananَّ penyebaranَّ Covid-19”َّ denganَّ nilaiَّ gap
sebesar -1,4.
Collections
- Industrial Engineering [2224]