dc.description.abstract | Maskulinitas muncul karena adanya bentuk konstruksi laki-laki terhadap gender di
masyarkat. Maskulinitas dibangun secara sosial yang berkaitan dengan laki-laki menghasilkan
konsep-konsep gender didalamnya, yang mana konsep maskulinitas mengalami perubahan
seiring berjalannya waktu. Sehingga peneliti bertujuan untuk mengetahui bagaimana resepsi
maskulinitas pada Boyband NCT U dalam musik video BOSS dan Make a Wish.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data berupa wawancara
mendalam. Informan wawancara dipilih dari komunitas NCTzen Jogja dengan teknik purposive
sampling yang berjumlah sepuluh orang.
Hasil penelitian dari dua musik video NCT U menunjukkan beberapa respon yang
variatif. Pada musik video “BOSS”, kesepuluh informan masuk kedalam kelompok dominan
dimana para member terlihat maskulin terhadap enam sifat: kekuatan, kompetitif, gagah,
keberanian, tegas dan jantan. Pada musik video “Make a Wish”, sebagian informan tidak setuju
(oposisi) dengan penggambaran member NCT U yang menunjukkan sisi feminim, namun juga
ada sebagian informan yang setuju (dominan) dengan tampilan member NCT U, walau
menunjukkan sisi feminim mereka masih memperlihatkan sisi maskulin. Dari hasil analisis dua
musik video NCT U berjudul BOSS dan Make a Wish, fenomena tampilan visual yang
diperlihatkan di media bisa mempengaruhi persepsi seseorang terhadap konsep maskulinitas. | en_US |