Self-Regulated Learning Dan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Saat Pembelajaran Daring
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris hubungan self-regulated
learning dan prokrastinasi pada mahasiswa saat pembelajaran daring. Hipotesis
yang diajukan memprediksikan adanya hubungan negatif antara self-regulated
learning dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa saat pembelajaran daring.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pendekatan kuantitatis dengan
desain korelasional. Responden berjumlah 307 mahasiswa yang berada di Pulau
Jawa dan menjalani pembelajaran daring penuh atau blended/campuran selama
periode pembelajaran 2021/2022. Alat ukur yang digunakan yaitu alat ukur
Self-Regulated Online Learning oleh Arbiyah & Triatmoko (2016) dan alat ukur
Academic Procrastination Scale (McCloskey & Scielzo, 2015). Hasil penelitian
menunjukan adanya hubungan negatif yang signifikan antara self-regulated
learning dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa saat menjalani pembelajaran
daring dengan nilai korelasi product moment pearson sebesar r = -0,234 dan
signifikansi sebesar p = 0,000 (p<0,05). Kesimpulannya, hipotesis pada penelitian
ini diterima, sedangkan analisa mengenai uji beda, dan uji korelasi demografi
(jenis kelamin, jenis pembelajaran, tahun angkatan, dan domisili) menjadi diskusi
lebih lanjut.
Collections
- Psychology [2173]