Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Wtp Pengunjung Objek Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran Menggunakan Contingent Valuation Method (Cvm)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi willingness to pay perbaikan kualitas lingkungan objek wisata
Gunung Api Purba Nglanggeran di Daerah IstimewaYogyakarta. Studi ini
menggunakan data primer dengan jumlah responden sebanyak 100 orang dan
pengumpulan sampel menggunakan teknik kombinasi antara metode sampling
accidental dan purposive sampling dengan menggunakan pendekatan contingent
valuation method (CVM). Alat analisis pada studi ini adalah menggunakan regresi
biner logistik pada SPSS Versi 21.0 for windows. Hasil yang didapatkan dalam
penelitian ini adalah variabel tingkat pendidikan, biaya rekreasi, pendapatan,
frekuensi kunjungan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap willingness
to pay perbaikan kualitas kualitas lingkungan objek wisata Gunung Api Purba
Nglanggeran sedangkan variabel usia dan jumlah tanggungan memiliki pengaruh
negatif dan siginifikan. Dalam penelitian ini menunjukan bahwa nilai Nagelkerke
R Square sebesar 0,93 atau 93%. Kesediaan membayar (willingness to pay) guna
perbaikan kualitas kualitas lingkungan objek wisata Gunung Api Purba
Nglanggeran dapat ditunjukan sebesar 93% dipengaruhi oleh tingkat pendidikan,
biaya rekreasi, pendapatan, frekuensi kunjungan, usia dan jumlah tanggungan
sebesar 7% dijelaskan oleh variabel lain diluar model.
Collections
- Economics [2138]