Implementasi Giving Reward Pada Strategi Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Di Sd It Adz-Dzikro Cipangramatan Kabupaten Garut- Jawa Barat
Abstract
Ada berbagai macam strategi pembelajaran untuk meningkatkan
keaktifan siswa dalam kelas. Strategi pembelajaran berfungsi menjadikan
siswa lebih aktif dalam segala aktivitas di kelas baik dari segi aktivitas otak
maupun aktivitas fisik. Sebagai seorang guru harus memiliki berbagai strategi
dan metode dalam mengelola pembelajaran. Tujuan penelitian ini berupaya
untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan di Sd It Adz-Dzikro,
kemudian ingin mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah di terapkannya
Giving Reward pada strategi Small Group Discussion dalam meningkatkan
keaktifan siswa pada mata pelajaran PAI.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode mix method
desain Exploratory research design. Adapun pengumpulan data kualitatif
dalam penelitian yaitu dengan observasi dan wawancara, metode
pengumpulan data kuantitatif dengan angket/kuesioner. Kemudian untuk
analisis data kuantitatif menggunakan uji statistik parametrik (Uji t) dengan
bantuan SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat 7 tahap
implementasi giving reward pada strategi Small Group Discussion; reward
yang diberikan berupa verbal (pujian, tepuk tangan) dan non verbal (hadiah
dan skor nilai) dan (2) dengan sig (2 tailed) sebesar 0.000<0.05, (Ho ditolak
dan Ha diterima) terdapat peningkatan keaktifan siswa setelah diterapkan
giving reward pada strategi Small Group Discussion. siswa menjadi lebih
antusias (pre test 43.75< post test 48.54) dalam mengikuti pembelajaran hal
ini dapat di buktikan dengan siswa yang lebih berani dalam menyampaikan
hasil kerja kelompok, mendengarkan, bertanya, atau menjawab pertanyaan
dari guru.
Collections
- Islamic Education [863]