Minat Berdonasi Mahasiswa Uii Melalui Mobile Payment Pada Lazis Unisia Menggunakan Model Utaut 2
Abstract
Perkembangan teknologi, menghantarkan pada beberapa perubahan, salah
satunya dalam transaksi keuangan, yakni dengan menggunakan mobile
payment sebagai metode pembayaran. Hal itu juga diaplikasikan pada
LAZIS UNISIA. Penelitian ini bertujuan mengetahui serta menganalisis
terkait faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat berdonasi
Mahasiswa UII melalui mobile payment pada LAZIS UNISIA. Variabel
bebas dalam penelitian ini adalah performance expectancy, effort
expectancy, social influence, facilitating condition, hedonic motivation,
price value, habit, perceived security, yang terbentuk dalam kerangka teori
UTAUT 2, serta penambahan variabel penelitian brand awareness.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data
primer sebagai sumber data, diperoleh melalui kuesioner secara online pada
google form. Metode sampling yang digunakan yakni non-probability
sampling dengan teknik convenience sampling, dan terdiri dari 104
responden yang merupakan Mahasiswa Fakultas Ilmu Agama Islam
Universitas Islam Indonesia. Metode analisis data dengan menggunakan
analisi regresi berganda. Hasil penelitian pada uji F menunjukkan signifikan
dan model regresi dinyatakan layak. Nilai koefisien determinasi yang
diperoleh sebesar 58%. Variabel social influence, dan price value
berpengaruh positif signifikan terhadap minat berdonasi Mahasiswa UII
melalui mobile payment pada LAZIS UNISIA secara parsial. Variabel
performance expectancy, effort expectancy, facilitating condition, hedonic
motivation, habit, perceived security dan brand awareness, tidak
berpengaruh positif signifikan.
Collections
- Islamic Economics [836]