Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Berinvestasi Saham Syariah (Studi Empiris Pada Mahasiswa Di Yogyakarta)
Abstract
Di era digitalisasi saat ini, dengan adanya perkembangan ekonomi dan
teknologi komunikasi yang sangat pesat dapat memberikan banyak kemudahan
dalam dunia bisnis. Pasar Modal merupakan wadah untuk berinvestasi yang
sudah familiar di semua kalangan berbagai profesi, salah satunya di kalangan
mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti “Faktor-Faktor yang
Mempengaruhi Minat Mahasiswa dalam Berinvestasi Saham Syariah (Studi
Empiris Pada Mahasiswa di Yogyakarta)”. Populasi dalam penelitian ini yaitu
seluruh mahasiswa aktif yang sedang menempuh pendidikan di Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan Theory of Planned Behavior.Teknik yang digunakan
pada penelitian yaitu purposive sampling. Pada penelitian ini terdapat enam
variabel independen yaitu Literasi Keuangan, Ciri-ciri Kepribadian Investor,
Sikap, Norma Subjektif, Efikasi Keuangan, dan Religiusitas Islam. Penelitian ini
dapat menunjukkan bahwa Literasi Keuangan, Ciri-ciri Kepribadian Investor,
Sikap, Efikasi Keuangan, Religiusitas Islam berpengaruh positif signifikan
terhadap minat berinvestasi saham syariah. sedangkan Norma Subjektif
berpengaruh negatif terhadap minat berinvestasi saham syariah.
Collections
- Akuntansi [4478]