dc.contributor.advisor | Nadia Wasta Utami, S.I.Kom., M.A | |
dc.contributor.author | SONIA NAVRATILOVA BAZZAR | |
dc.date.accessioned | 2022-12-22T01:44:40Z | |
dc.date.available | 2022-12-22T01:44:40Z | |
dc.date.issued | 2022-09-01 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41216 | |
dc.description.abstract | Permasalahan sampah dan kondisi lingkungan di Indonesia yang semakin hari
semakin serius menjadikan TALKINC untuk melakukan gerakan sosial yaitu kampanye
#SehatkanBumi sebagai solusi untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang
pentingnya menjaga lingkungan, dalam kampanye #SehatkanBumi TALKINC memanfaatkan
media digital sebagai media kampanye. Peneliti tertarik meneliti ini karena TALKINC sendiri
adalah sebuah sekolah yang berfokus pada pengembangan informasi namun melakukan
sebuah kampanye sosial mengenai lingkungan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan digital campaign
#SehatkanBumi oleh TALKINC. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode
penelitian studi deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
metode wawancara mendalam dengan pihak TALKINC, partisipan kampanye dan pihak yang
terlibat kerja sama dalam kampanye sosial TALKINC serta dengan dilengkapi data – data
observasi.
Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa penerapan digital campaign
#SehatkanBumi oleh TALKINC yaitu melalui kegiatan terencana yang ditujukan pada
generasi Z dan Millennials sehingga audiens mampu mencapai efek kognitif dan afektif
dimana pesan kampanye yaitu kesadaran menjaga lingkungan dapat tersampaikan ke audiens
dengan baik melalui konten - konten kampanye di media digital TALKINC. Kelemahan dari
kampanye #SehatkanBumi oleh TALKINC belum mencapai efek behavioral karena masih
kurangnya aksi dan hanya mampu ke tahap tujuan awareness saja karena jangka waktu
pelaksanaan kampanye pendek (short term). Sehingga akun yang bukan berdasarkan
kesadaran lingkungan tidak sepenuhnya berhasil dalam melibatkan aksi nyata kampanye ke
khalayak. | en_US |
dc.publisher | UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA | en_US |
dc.subject | Kampanye | en_US |
dc.subject | Media Digital | en_US |
dc.subject | #SehatkanBumi | en_US |
dc.subject | Digital Campaign | en_US |
dc.title | Digital Campaign #Sehatkanbumi Oleh TALK.INC | en_US |
dc.Identifier.NIM | 18321042 | |