Show simple item record

dc.contributor.advisorNadia Wasta Utami, S.I.Kom., M.A
dc.contributor.authorSONIA NAVRATILOVA BAZZAR
dc.date.accessioned2022-12-22T01:44:40Z
dc.date.available2022-12-22T01:44:40Z
dc.date.issued2022-09-01
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41216
dc.description.abstractPermasalahan sampah dan kondisi lingkungan di Indonesia yang semakin hari semakin serius menjadikan TALKINC untuk melakukan gerakan sosial yaitu kampanye #SehatkanBumi sebagai solusi untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan, dalam kampanye #SehatkanBumi TALKINC memanfaatkan media digital sebagai media kampanye. Peneliti tertarik meneliti ini karena TALKINC sendiri adalah sebuah sekolah yang berfokus pada pengembangan informasi namun melakukan sebuah kampanye sosial mengenai lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan digital campaign #SehatkanBumi oleh TALKINC. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian studi deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam dengan pihak TALKINC, partisipan kampanye dan pihak yang terlibat kerja sama dalam kampanye sosial TALKINC serta dengan dilengkapi data – data observasi. Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa penerapan digital campaign #SehatkanBumi oleh TALKINC yaitu melalui kegiatan terencana yang ditujukan pada generasi Z dan Millennials sehingga audiens mampu mencapai efek kognitif dan afektif dimana pesan kampanye yaitu kesadaran menjaga lingkungan dapat tersampaikan ke audiens dengan baik melalui konten - konten kampanye di media digital TALKINC. Kelemahan dari kampanye #SehatkanBumi oleh TALKINC belum mencapai efek behavioral karena masih kurangnya aksi dan hanya mampu ke tahap tujuan awareness saja karena jangka waktu pelaksanaan kampanye pendek (short term). Sehingga akun yang bukan berdasarkan kesadaran lingkungan tidak sepenuhnya berhasil dalam melibatkan aksi nyata kampanye ke khalayak.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectKampanyeen_US
dc.subjectMedia Digitalen_US
dc.subject#SehatkanBumien_US
dc.subjectDigital Campaignen_US
dc.titleDigital Campaign #Sehatkanbumi Oleh TALK.INCen_US
dc.Identifier.NIM18321042


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record