Halaman Judul Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Minat Investasi Reksadana Syariah Pada Aplikasi Bibit: Perluasan Tam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan, persepsi
kebermanfaatan, attitude toward using, dan social media influencer yang
mempengaruhi minat menggunakan aplikasi Bibit dalam berinvestasi reksa dana
syariah menggunakan teori model penerimaan teknologi (TAM). Metode yang
digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik purposive
sampling dalam pengambilan sampelnya. Skala continuos rating scale digunakan
sebagai skala pengukuran variabel dengan metode analisis jalur menggunakan
software Jamovi versi 2.3.13. Sampel yang digunakan adalah 129 responden
Generasi Z di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa persepsi kemudahan, persepsi kebermanfaatan, attitude toward using, dan
social media influencer secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan
terhadap minat menggunakan aplikasi Bibit. Social media influencer hanya
berpengaruh sebesar 12,6% terhadap minat menggunakan aplikasi Bibit dalam
berinvestasi reksa dana syariah. Sisanya sebesar 87,4% dipengaruhi oleh variabel
lain di luar model penelitian.
Collections
- Islamic Economics [855]