Strategi Pemasaran Produk Amidas (Air Minum Darussalam) Di Pondok Modern Darussalam Gontor
Abstract
Dinamika pesantren yang dibuat sedemikian komprehensif menuntut banyak
perubahan dan perkembangan secara menyeluruh baik dari faktor internal dan
eksternal seperti tersedianya ragam pilihan mutu pendidikan anaknya, selain itu
pesantren menunjang operasional dan kegiatan pesantren dengan mendirikan unit
usahanya. Salah satunya adalah AMIDAS Gontor, perusahaan air minum dalam
kemasan yang dikelola oleh badan wakaf YPPWPM dan dijual secara masif ke luar
pesantren sebagai bentuk kontribusi unit usaha terhadap pembangunan dan
pengembangan pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa lebih lanjut
kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman AMIDAS dari faktor internal dan
eksternal serta mengulas strategi pemasaran yang digunakan AMIDAS. Penelitian
kualitatif deskriptif, digunakan wawancara sebagai pendekatan dan metode
pengambilan datanya serta melakukan reduksi data data tersebut untuk
pengembangan pembahasan. Adapun hasil dari analisis SWOT amidas ada pada
kuadran IV yang memiliki arti bahwa ahwa perusahaan perlu menerapkan strategi
defensif karena memiliki memiliki kelemahan dan ancaman yang cukup tinggi
karena flow demand yang cenderung bersifat ketergantungan, Dengan begitu,
perusahaan dituntut untuk bertahan dengan segala yang dimiliki di periode-periode
mendatang sehingga bisa berdiri secara independen terlepas dari adanya
pemenuhan demand dari segi internal dan dibawah pengelolaan badan wakaf.
Strategi pemasaran yang digunakan oleh AMIDAS selama ini masih bersifat
konvensional dengan plotting terhadap bauran pemasaran berangkat dengan 5
produk unggulan dan mengedepankan eksistensi brand serta jejaring alumni untuk
mekanisme promosinya.
Collections
- Islamic Economics [827]