Show simple item record

dc.contributor.authorNUR HAFNI
dc.date.accessioned2022-12-21T03:24:55Z
dc.date.available2022-12-21T03:24:55Z
dc.date.issued2022-09-30
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41196
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya implementasi metode belajar huruf hijaiah yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak disleksia. Metode multisensori sangat sering diterapkan pada kegiatan belajar mengajar pada anak disleksia. Penelitian ini bertujun untuk mengetahui efektifitas implementasi metode multisensori untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis huruf hijaiah pada anak disleksia. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen dan teknik analisis data statistik deskriptif komparatif. Pendekatan yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR), dengan desain A-B-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes baca dan tes tulis. Objek penelitian ini berupa kemampuan membaca dan menulis huruf hijaiah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode multisensori efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis huruf hijaiah pada anak disleksia. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan persentase keberhasilan pada setiap fase. Kemampuan membaca pada fase baseline-1 dari 33,14% menjadi 43%, pada intervensi sesi satu hingga empat dari 54% menjadi 100%, dan pada fase baseline-2 dengan persentase maksimal yang tetap yaitu 100% pada kedua kali pelaksanaan. Sedangkan kemampuan menulis, pada baseline-1 dari 25% menjadi 30%, pada intervensi sesi satu hingga empat dari 57,14% menjadi 100%, dan pada fase baseline-2 dari 94,28% menjadi 100%. Serta penurunan durasi waktu yang dialami subjek dalam mengerjakan tes pada tiap fase.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectDisleksiaen_US
dc.subjectHuruf Hijaiahen_US
dc.subjectMetode Multisensorien_US
dc.titleImplementasi Metode Multisensori Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Huruf Hijaiah Pada Anak Disleksiaen_US
dc.Identifier.NIM17422025


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record