Hubungan Antara Regulasi Diri Dalam Belajar Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Pengguna Instagram
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dalam
belajar dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa pengguna Instagram.
Jumlah partisipan pada penelitian ini sebanyak 133 mahasiswa (121 perempuan
dan
12 laki-laki) dengan usia 18-21 tahun. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tuckman
Procrastination Scale (TPS) berdasarkan teori Tuckman (1991) dan Academic
Self- Regulation Learning Scale (A-SRL-S) berdasarkan teori Zimmerman dan
Pons (1988). Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat hubungan negatif
yang signifikan antara regulasi diri dalam belajar dengan prokrastinasi akademik
pada mahasiswa pengguna Instagram. Nilai koefisien korelasi yang didapat r =
-0.436 dan p = 0.000 (p<0.05). Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi
tingkat regulasi diri dalam belajar, maka semakin rendah tingkat prokrastinasi
akademik yang dialami. Sebaliknya, jika semakin rendah tingkat regulasi diri
dalam belajar maka semakin tinggi prokrastinasi akademik yang dimiliki
mahasiswa pengguna Instagram. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa
hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Collections
- Psychology [2188]