Show simple item record

dc.contributor.authorRAYHANA ARFAAMALIA
dc.date.accessioned2022-12-21T02:41:16Z
dc.date.available2022-12-21T02:41:16Z
dc.date.issued2022-09-21
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41175
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dalam belajar dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa pengguna Instagram. Jumlah partisipan pada penelitian ini sebanyak 133 mahasiswa (121 perempuan dan 12 laki-laki) dengan usia 18-21 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tuckman Procrastination Scale (TPS) berdasarkan teori Tuckman (1991) dan Academic Self- Regulation Learning Scale (A-SRL-S) berdasarkan teori Zimmerman dan Pons (1988). Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara regulasi diri dalam belajar dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa pengguna Instagram. Nilai koefisien korelasi yang didapat r = -0.436 dan p = 0.000 (p<0.05). Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat regulasi diri dalam belajar, maka semakin rendah tingkat prokrastinasi akademik yang dialami. Sebaliknya, jika semakin rendah tingkat regulasi diri dalam belajar maka semakin tinggi prokrastinasi akademik yang dimiliki mahasiswa pengguna Instagram. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectProkrastinasi akademiken_US
dc.subjectregulasi diri dalam belajaren_US
dc.subjectmahasiswa, Instagramen_US
dc.titleHubungan Antara Regulasi Diri Dalam Belajar Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Pengguna Instagramen_US
dc.Identifier.NIM18320026


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record