Metode Pendidikan Akhlak Anak Dalam Perspektif Abdullah Nashih Ulwan Dan Relevansinya Di Era Society 5.0
Abstract
Pada saat ini kondisi Pendidikan akhlak anak sudah sangat menurun drastis, apalagi
tentang akhlak ini sudah banyak sekali perbincangan orang tua di rumah dan guru di
sekolah. Adapun permulaan terjadi kondisi seperti ini, dikarenakan sistem Pendidikan
yang kurang efektif terhadap perkembangan zaman pada saat ini akibat terjadinya corona
yang mengharuskan anak belajar melalui asinkron di rumah dan juga berbagai sistem
Pendidikan yang baru di keluarkan untuk sekolah. Oleh sebab itu sekolah, anak, dan orang
tua di rumah perlu beradaptasi dengan kebiasaan baru yang mengharuskan anak belajar
menggunakan alat elekronik seperti zoom, google meet, kahoot, quizizz, dll. Tujuan
penelitian ini untuk Untuk mendiskripsikan metode pendidikan akhlak anak menurut
Abdullah Nashih Ulwan dan Untuk menganalisis relevansi pendidikan akhlak anak
menurut Abdullah Nashih Ulwan dengan pendidikan akhlak di era society 5.0.
Metode Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode Penelitian studi
Pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan
Teknik Historis, dokumentasi dan triangulasi. Analisis data dengan analisis Reduksi data,
penyajian data, dan Conclusing Drawing/Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan ada 5 metode pendidikan yang ditawarkan oleh
Abdullah Nashih Ulwan dalam mendidik akhlak anak, yaitu: Metode Pendidikan dengan
keteladanan, metode Pendidikan dengan adat istiadat, metode Pendidikan dengan nasihat,
metode Pendidikan dengan perhatian, dan metode Pendidikan dengan hukuman (Sanksi).
Dari hasil tersebut memaparkan bahwa 5 metode ini masih sangat relevan untuk
dipraktekkan oleh orang tua dalam mendidik akhlak anaknya. Bahkan jika mampu, orang
tua bisa mengembangkan 5 metode menjadi lebih matang untuk senantiasa dipraktekkan
dalam kegiatan sehari-hari
Collections
- Islamic Education [863]