Relasi Interpersonal Guru-Siswa Dan Manajemen Waktu Terhadap Penyesuaian Akademik Siswa Menengah Atas
Abstract
Pemerintah memberlakukan kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) setelah lebih dari
1,5 tahun para siswa mengikuti proses belajar daring karena pandemi Covid-19.
Diberlakukannya kembali PTM, membuat para siswa harus beradaptasi kembali dengan
lingkungan atau situasi yang baru. Dalam hal ini, yang dibutuhkan adalah penyesuaian
akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relasi interpersonal guru-siswa dan
manajemen waktu terhadap penyesuaian akademik pada siswa Sekolah Menengah Atas.
Penelitian ini melibatkan siswa SMA (n = 158) dan siswa SMK (n = 138) kelas XI di
Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain
penelitian korelasional. Pengumpulan data melalui tiga kuesioner, yaitu skala StudentTeacher Relationships (STR), skala Time Management (TM) dan skala Student
Adaptation to College Questionnaire (SACQ). Pengujian hipotesis menggunakan teknik
analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa relasi interpersonal
guru-siswa dan manajemen waktu secara simultan efektif mempengaruhi penyesuaian
akademik pada siswa menengah atas (R = 0,052, p < 0,01)
Collections
- Master of Psychology [344]