Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Pasar Denganmetode Market Basket Analysis Dan Systematic Layout Planning: Studi Kasus Pasar Satwa Dan Tanaman Hias Yogyakarta (Pasty)
Abstract
Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTY) merupakan sentra pedagangan luas
tanah 30.000 persegi dengan total 255 jumlah pedagang yang menjual bermacam jenis
satwa di antaranya burung kicauan, burung anggungan, kelinci, kucing, anjing, iguana,
kura-kura, ayam hias, dan ikan hias serta makanan burung dan sangkar burung. Penelitian
ini hendak mengidentifikasi langkah pengembangan tata letak fasilitas PASTY sebagai
sentra perniagaan strategis di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aturan
asosiasi barang dagangan yang dianalisa dari data transaksi pengunjung PASTY dalam
rangka mengurangi kepadatan lalu lintas pasar berupa perbandingan gambaran secara
grafis tata letak fasilitas pasar yang sekarang dengan yang diusulkan. Bagan analisis
menunjukkan sejumlah premis kunci sebagai berikut; Pertama, terdapat dua aturan berisi
kombinasi tiga itemset dari total lima aturan kombinasi dua itemset yang memiliki nilai
support tertinggi; Kedua, pengamatan terstruktur terhadap association rule menunjukkan
empat tingkatan prioritas dalam perencanaan tata letak item PASTY. Prioritas tingkat
pertama (confidence value = 91%) yaitu peletakan jenis dagangan burung kicauan dengan
makanan burung, prioritas kedua yaitu jenis dagangan ikan hias dan kura-kura (< 8090%),
prioritas ketiga mempertautkan jenis dagangan sangkar burung dengan burung
kicauan (< 70-80%), dan prioritas keempat mendekatkan jenis dagangan sangkar burung
dengan makanan burung, kucing dengan anjing dan sangkar burung dengan burung
anggungan (< 50-70%); Ketiga, rancangan tata letak jenis dagangan alternatif bagi
PASTY dengan mempertimbangkan association rule. Pengelompokan area barang
dagangan dan penataan ulang jenis dagangan pasar perlu dilaksanakan untuk memberikan
dampak positif bagi pedagang pasar maupun pengunjung.
Collections
- Industrial Engineering [2224]