Show simple item record

dc.contributor.advisorDanang Setiawan, S.T., M.T.
dc.contributor.authorRAKA SHIDQI FADLLIKA
dc.date.accessioned2022-12-19T03:15:36Z
dc.date.available2022-12-19T03:15:36Z
dc.date.issued2022-07-22
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41036
dc.description.abstractPasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTY) merupakan sentra pedagangan luas tanah 30.000 persegi dengan total 255 jumlah pedagang yang menjual bermacam jenis satwa di antaranya burung kicauan, burung anggungan, kelinci, kucing, anjing, iguana, kura-kura, ayam hias, dan ikan hias serta makanan burung dan sangkar burung. Penelitian ini hendak mengidentifikasi langkah pengembangan tata letak fasilitas PASTY sebagai sentra perniagaan strategis di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aturan asosiasi barang dagangan yang dianalisa dari data transaksi pengunjung PASTY dalam rangka mengurangi kepadatan lalu lintas pasar berupa perbandingan gambaran secara grafis tata letak fasilitas pasar yang sekarang dengan yang diusulkan. Bagan analisis menunjukkan sejumlah premis kunci sebagai berikut; Pertama, terdapat dua aturan berisi kombinasi tiga itemset dari total lima aturan kombinasi dua itemset yang memiliki nilai support tertinggi; Kedua, pengamatan terstruktur terhadap association rule menunjukkan empat tingkatan prioritas dalam perencanaan tata letak item PASTY. Prioritas tingkat pertama (confidence value = 91%) yaitu peletakan jenis dagangan burung kicauan dengan makanan burung, prioritas kedua yaitu jenis dagangan ikan hias dan kura-kura (< 8090%), prioritas ketiga mempertautkan jenis dagangan sangkar burung dengan burung kicauan (< 70-80%), dan prioritas keempat mendekatkan jenis dagangan sangkar burung dengan makanan burung, kucing dengan anjing dan sangkar burung dengan burung anggungan (< 50-70%); Ketiga, rancangan tata letak jenis dagangan alternatif bagi PASTY dengan mempertimbangkan association rule. Pengelompokan area barang dagangan dan penataan ulang jenis dagangan pasar perlu dilaksanakan untuk memberikan dampak positif bagi pedagang pasar maupun pengunjung.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectTata letak pasaren_US
dc.subjectAssociation ruleen_US
dc.subjectMarket basket analysisen_US
dc.subjectSystematic layout planningen_US
dc.subjectPASTYen_US
dc.titlePerancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Pasar Denganmetode Market Basket Analysis Dan Systematic Layout Planning: Studi Kasus Pasar Satwa Dan Tanaman Hias Yogyakarta (Pasty)en_US
dc.Identifier.NIM15522278


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record