Pengembangan Modul Praktikum “Daily Chemistry” Sma Kelas Xi Ipa
Abstract
Tujian penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul praktikum “daily
chemistry” Kimia SMA Kelas XI. Jenis penelitian ini merupakan sebuah penelitian
pengembangan dan mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang terdiri dari
5 tahap yaitu: (A)nalyze, (D)esign, (D)evelop, (I)mplement, dan (E)valute. Model
penelitian ini hanya melakukan 3 tahap saja yaitu: (A)nalyze, (D)esign, (D)evelop.
Hal ini dikarenakan penelitian pengembangan berfokus pada penilaian kelayakan
produk yang dikarenakan. Pada data penelitian yang diperoleh yaitu menggunakan
kuesioner analisis kebutuhan dan penilaian kelayakan produk. Data penilaian yang
diperoleh yaitu menggunakan kuesioner analisis kebutuhan dan juga penilaian
kelayakan produk. Berdasarkan hasil hasil dari penilaian kelayakan produk dari ahli
media dan ahli materi mendapatkan skor 24 dengan kategori baik. Dalam penilaian
ini dapat disimpulkan bahwa: 1) modul praktikum “Daily Chemistry” SMA Kelas
XI dikembangkan dengan model ADDIE dengan melalui Analysis dengan membuat
dan juga mengumpulkan data hasil dari kuesioner analisis kebutuhan pada ahli
materi dan ahli media, Design merancang produk yang akan dibuat dan
dikembangkan, Development dengan mengembangkan dan merealisasikan
rancangan produk yang akan dikembangkan.2) modul praktikum “Daily
Chemistry” SMA Kelas XI layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Collections
- Chemistry Education [324]