Pengembangan Sumber Belajar Buku “Kimiawan Dalam Peradaban Islam” Di Smait/Ma/Pondok Pesantren
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar buku Kimiawan
dalam Peradaban Islam dan mengetahui kelayakan sumber belajar buku Kimiawan dalam Peradaban Islam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4-D yaitu define (tahap pendefinisian), design (tahap perancagan), dan develop (tahap pengembangan). Pada tahap define melakukan analisis kebutuhan kepada guru dan peserta didik di SMAIT/MA/Pondok Pesantren, tahap design melakukan perancangan sumber belajar yang akan dikembangkan, dan tahap develop melakukan pembuatan produk yang kemudian dinilai kelayakannya. Hasil penilaian kelayakan produk oleh ahli materi dan ahli media diperoleh total skor 33 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji pengembangan pada guru dan peserta didik, maka diperoleh hasil penilaian kelayakan oleh guru sebesar 34,33 dengan kategori sangat baik dan hasil penilaian kelayakan oleh peserta didik sebesar 28,9 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Sumber belajar buku Kimiawan dalam Peradaban Islam dikembangkan menggunakan model 4-D melalui tahap define (pendefinisian) dengan melakukan analisis kebutuhan kepada guru dan peserta didik serta mengetahui konsep dari produk yang akan dikembangkan, tahap design dengan melakukan perancangan sumber belajar yang akan dikembangkan, dan tahap develop (pengembangan) dengan melakukan realisasi terhadap produk yang akan dikembangkan (2) Buku Kimiawan dalam Peradaban Islam telah dinilai kelayakannya dan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar.
Collections
- Chemistry Education [324]