Penggunaan Media Powerpoint Sebagai Penunjang Efektivitas Pembelajaran Di Kelas Iv Sd Negeri Selomulyo
Abstract
Teknologi informasi dan komunikasi merupakan perkembangan yang memberikan
dampak besar terhadap proses pengembangan ilmu khususnya untuk siswa sekolah dasar.
Proses pembelajaran ini guru dan murid dituntut untuk bisa menggunakan teknologi demi
menghasilkan siswa yang mempunyai kualitas baik. Saat ini wabah virus Covid-19 telah
menimbulkan banyak dampak bagi masyarakat, khususnya pada bidang pendidikan.
Pembelajaran dilakukan seperti biasa dan harus dilaksanakan dengan kondisi apapun, karena
aktivitas belajar dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Dalam hal ini, SD Negeri
Selomulyo sudah mulai menerapkan pembelajaran tatap muka yang dilakukan dua kali dalam
seminggu. Selama pelaksanaan pembelajaran di sekolah, penerapan belajar mengajar dan
waktu yang dibutuhkan kurang maksimal. Hal tersebut karena masih ada siswa yang kurang
memahami materi pembelajaran yang disampaikan guru. Dilihat dari permasalahan tersebut,
tim pengabdian masyarakat mengusulkan solusi untuk memberikan pelatihan dan
pendampingan guru dengan memanfaatkan media pembelajaran menggunakan PowerPoint.
Metode yang digunakan tim pengabdian terdiri dari tujuh tahapan yaitu, identifikasi kebutuhan,
observasi wilayah, pengumpulan data kebutuhan, penentuan tujuan, proses pelaksanaan
pengabdian masyarakat, pelatihan dan pendampingan serta pengukuran indikator keberhasilan.
Hasil dari pelaksanaan pengabdian masyarakat yang sudah dilaksanakan yaitu implementasi
media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi guna meningkatkan efektivitas
siswa. Pihak sekolah, khususnya guru IPA kelas IV memberikan tanggapan positif mengenai
pelatihan dan pendampingan pemanfaatan media pembelajaran yang sudah diimplementasikan.
Implementasi penggunaan media pembelajaran ini untuk meningkatkan efektivitas dalam
proses belajar mengajar.
Collections
- Informatics Engineering [2170]