Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Yudi Prayudi, S.Si., M.Kom.
dc.contributor.authorIVANY HIKMATUNNISA’
dc.date.accessioned2022-12-14T01:40:46Z
dc.date.available2022-12-14T01:40:46Z
dc.date.issued2022-07-11
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40956
dc.description.abstractTeknologi informasi dan komunikasi merupakan perkembangan yang memberikan dampak besar terhadap proses pengembangan ilmu khususnya untuk siswa sekolah dasar. Proses pembelajaran ini guru dan murid dituntut untuk bisa menggunakan teknologi demi menghasilkan siswa yang mempunyai kualitas baik. Saat ini wabah virus Covid-19 telah menimbulkan banyak dampak bagi masyarakat, khususnya pada bidang pendidikan. Pembelajaran dilakukan seperti biasa dan harus dilaksanakan dengan kondisi apapun, karena aktivitas belajar dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Dalam hal ini, SD Negeri Selomulyo sudah mulai menerapkan pembelajaran tatap muka yang dilakukan dua kali dalam seminggu. Selama pelaksanaan pembelajaran di sekolah, penerapan belajar mengajar dan waktu yang dibutuhkan kurang maksimal. Hal tersebut karena masih ada siswa yang kurang memahami materi pembelajaran yang disampaikan guru. Dilihat dari permasalahan tersebut, tim pengabdian masyarakat mengusulkan solusi untuk memberikan pelatihan dan pendampingan guru dengan memanfaatkan media pembelajaran menggunakan PowerPoint. Metode yang digunakan tim pengabdian terdiri dari tujuh tahapan yaitu, identifikasi kebutuhan, observasi wilayah, pengumpulan data kebutuhan, penentuan tujuan, proses pelaksanaan pengabdian masyarakat, pelatihan dan pendampingan serta pengukuran indikator keberhasilan. Hasil dari pelaksanaan pengabdian masyarakat yang sudah dilaksanakan yaitu implementasi media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi guna meningkatkan efektivitas siswa. Pihak sekolah, khususnya guru IPA kelas IV memberikan tanggapan positif mengenai pelatihan dan pendampingan pemanfaatan media pembelajaran yang sudah diimplementasikan. Implementasi penggunaan media pembelajaran ini untuk meningkatkan efektivitas dalam proses belajar mengajar.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectPowerPointen_US
dc.subjectProses Pembelajaranen_US
dc.subjectPendidikanen_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.titlePenggunaan Media Powerpoint Sebagai Penunjang Efektivitas Pembelajaran Di Kelas Iv Sd Negeri Selomulyoen_US
dc.Identifier.NIM18523081


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record