Literasi Sains Sebagai Upaya Membangun Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas V Di Sdit Bani Rosyidin Tahun Ajaran 2021/2022
Abstract
Pendidikan merupakan usaha untuk mengembangkan potensi dan membentuk
karakter. Salah satu karakter yang harus dikembangkan peserta didik sejak dini
yaitu peduli lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan yang telah
dilakukan melalui observasi dan wawancara di SDIT Bani Rosyidin, terdapat
permasalahan siswa kelas V SDIT Bani Rosyidin yang masih membuang sampah
sembarangan dan masih tidak rutin melaksanakan kegiatan membersihkan kelas.
Hal itu dikarenakan, terdapat siswa yang tidak mengetahui betapa pentingnya
membuang sampah pada tempatnya, kurangnya alat kebersihan, dan dikarenakan
siswa yang malas untuk membersihkan kelas, sehingga penelitian ini memiliki
tujuan untuk membangun sikap peduli lingkungan siswa kelas V di SDIT Bani
Rosyidin melalui kegiatan literasi sains. Penelitian ini menggunakan metode
eksperimen dengan memberikan kegiatan literasi sains berupa membuat karya puisi
tentang lingkungan, pembuatan karya dari bahan daur ulang, dan edukasi tentang
menjaga kebersihan lingkungan. Hasil data observasi pretest dan posttest sikap
peduli lingkungan siswa kelas V dibandingkan dan dideskripsikan. Hasil data
angket respon siswa berupa nilai persentase respon siswa terhadap indikator literasi
sains yang dilakukan. Hasil uji N-Gain yang diperoleh yaitu menunjukkan
peningkatan sikap peduli lingkungan siswa sebesar 0,476 berkategori sedang. Hasil
angket respon siswa terhadap kegiatan literasi sains menunjukkan bahwa respon
siswa yang cukup baik pada kegiatan membuat karya puisi tentang lingkungan, dan
respon siswa yang baik pada kegiatan membuat karya dari bahan daur ulang serta
respon siswa yang baik pada kegiatan edukasi tentang menjaga kebersihan
lingkungan.
Collections
- Chemistry Education [325]