Sistem Customer Relationship Management Pada Proses Bisnis Haji Dan Umroh
Abstract
Tersendat nya bisnis umroh dan haji di saat pandemic membuat bisnis ini meredup, tidak
sedikit perusahaan travel haji dan umroh yang terpaksa gulung tikar akibat tidak adanya
aktivitas ibadah haji dan umroh dari negara Indonesia. Padahal data yang diperoleh dari
AMPHURI dalam satu tahun setidaknya ada 1.005.806 jamaah yang berangkat menuju tanah
suci untuk melaksanakan baik ibadah haji maupun umroh. Potensi adanya peningkatan jumlah
jamaah yang akan melaksanakan ibadah haji dan umroh menjadikan semakin ketatnya
persaingan bisnis di pasar, salah satu faktor yang berpengaruh bagi agen dalam menjaring calon
jamaah adalah kurangnya informasi mengenai track record dari agen sehingga agen kesulitan
dalam mendapat kepercayaan dari calon jamaah..
Islamic vibes hadir untuk memberikan solusi bagi para agen travel haji dan umroh selain
untuk membantu dalam mengelola jamaah saat nanti ibadah umroh dan haji sudah
diperbolehkan Islamic vibes juga hadir untuk membantu agen dalam memasarkan produknya
menggunakan konsep CRM operasional. Dibangunnya CRM dengan menerapkan AIDA model
yaitu awareness, interest, desire, dan Action menjadikan konsep ini semakin berfokus pada
konsumen dimana produk Islamic Vibes dirancang untuk membantu para agen dalam
memberikan pelayanan penjualan produk paket ibadah haji dan umroh agar semakin luas
pasarnya sehingga ledakan pelanggan yang sangat besar ini mampu ditampung dengan baik
oleh agen travel haji dan umroh.
Hasil dari pengembangan ini adalah sebuah website Islamic Vibes dengan layout desktop.
Islamic Vibes memiliki fitur pemasaran produk agen haji dan umroh, kustomisasi paket, dan
layanan informasi haji dan umroh. Pengujian yang dilakukan menggunakan metode user
acceptance testing yang diujikan kepada para calon pengguna dan menghasilkan nilai
presentasi lebih dari 80% yang berarti pengujian menghasilkan nilai yang memuaskan dan
produk ini berpotensi untuk diterima dengan baik dipasar.
Collections
- Informatics Engineering [2154]