Perancangan Antarmuka Aplikasi Online Self-Regulated Learning Universitas Islam Indonesia (On-Sr Uii) Dengan Metode User Centered Design
Abstract
Proses perkembangan teknologi berpengaruh pada semua lini kehidupan, termasuk
pendidikan. Pemanfaatan e-learning adalah salah satu dari penerapan teknologi di bidang
pendidikan. E learning yang maksimal dapat mengatasi permasalahan-permasalahan dalam
proses belajar mengajar, seperti pembagian dan pengerjaan tugas bagi mahasiswa menjadi
lebih mudah serta mengatasi durasi belajar pada sesi perkuliahan yang sering kali terbatas.
ON-SR UII dirancang untuk mengatasi permasalahan durasi yang terbatas khususnya pada
perkuliahan mata kuliah yang berbasis praktik, salah satunya pada mata kuliah Research
Instrument Development and Analysis Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UII, sehingga
dengan dirancangnya aplikasi ini akan dapat memaksimalkan pemahaman mahasiswa
mengenai materi pada mata kuliah tersebut. Hal ini didukung dengan penerapan model
pembelajaran self regulated learning yang menekankan agar setiap peserta didik dapat
mengenali gaya belajar serta potensi pada dirinya sendiri, sehingga proses belajar menjadi lebih
efektif dan tujuan yang telah ditetapkan sebelum belajar dapat tercapai. Proses perancangan
desain aplikasi ini dilakukan dengan metode user centered design dengan tahapan yang
dilakukan dimulai dari analisis mengenai aplikasi yang akan dibangun, pengumpulan
kebutuhan pengguna, dilanjutkan dengan proses perancangan desain dengan menggunakan
aplikasi figma, dan pengujian desain aplikasi. Pada proses perancangan desain aplikasi ONSR
UII
terdapat
dua
iterasi,
baik
pada
tampilan
user
maupun
admin.
Hasil
dari
penelitian
ini
adalah
desain aplikasi dan prototype yang dijadikan acuan dalam pengembangan aplikasi
sebenarnya pada aplikasi ON-SR UII. Proses evaluasi desain aplikasi ini pada tampilan admin
dilakukan evaluasi oleh back end developer pada perancangan aplikasi ON-SR UII untuk
menilai apakah penyajian fitur-fitur admin telah tepat atau belum. Pada tampilan user
dilakukan dengan presentasi kepada calon pengguna aplikasi ON-SR UII untuk ditinjau dari
fitur yang dibutuhkan apakah sudah mengakomodasi seluruh kebutuhan pengguna atau belum,
dan juga penilaian terhadap estetika desain yang telah dibangun. Pengujian tampilan user
dilakukan dengan moderated usability testing dengan melibatkan lima partisipan untuk
menjalankan skenario yang telah dirancang sebelumnya. Hasil pengujian dengan metode
moderated usability testing bahwa sebanyak 90,77% dari total skenario telah berhasil
dijalankan oleh seluruh partisipan.
Collections
- Informatics Engineering [2170]