Show simple item record

dc.contributor.advisorAhmad Munasir Raf’ie Pratama,S.T.,MIT., Ph.D.
dc.contributor.authorMUHAMMAD FACHRY AZHAR
dc.date.accessioned2022-12-05T07:55:30Z
dc.date.available2022-12-05T07:55:30Z
dc.date.issued2022-08-02
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40828
dc.description.abstractProses perkembangan teknologi berpengaruh pada semua lini kehidupan, termasuk pendidikan. Pemanfaatan e-learning adalah salah satu dari penerapan teknologi di bidang pendidikan. E learning yang maksimal dapat mengatasi permasalahan-permasalahan dalam proses belajar mengajar, seperti pembagian dan pengerjaan tugas bagi mahasiswa menjadi lebih mudah serta mengatasi durasi belajar pada sesi perkuliahan yang sering kali terbatas. ON-SR UII dirancang untuk mengatasi permasalahan durasi yang terbatas khususnya pada perkuliahan mata kuliah yang berbasis praktik, salah satunya pada mata kuliah Research Instrument Development and Analysis Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UII, sehingga dengan dirancangnya aplikasi ini akan dapat memaksimalkan pemahaman mahasiswa mengenai materi pada mata kuliah tersebut. Hal ini didukung dengan penerapan model pembelajaran self regulated learning yang menekankan agar setiap peserta didik dapat mengenali gaya belajar serta potensi pada dirinya sendiri, sehingga proses belajar menjadi lebih efektif dan tujuan yang telah ditetapkan sebelum belajar dapat tercapai. Proses perancangan desain aplikasi ini dilakukan dengan metode user centered design dengan tahapan yang dilakukan dimulai dari analisis mengenai aplikasi yang akan dibangun, pengumpulan kebutuhan pengguna, dilanjutkan dengan proses perancangan desain dengan menggunakan aplikasi figma, dan pengujian desain aplikasi. Pada proses perancangan desain aplikasi ONSR UII terdapat dua iterasi, baik pada tampilan user maupun admin. Hasil dari penelitian ini adalah desain aplikasi dan prototype yang dijadikan acuan dalam pengembangan aplikasi sebenarnya pada aplikasi ON-SR UII. Proses evaluasi desain aplikasi ini pada tampilan admin dilakukan evaluasi oleh back end developer pada perancangan aplikasi ON-SR UII untuk menilai apakah penyajian fitur-fitur admin telah tepat atau belum. Pada tampilan user dilakukan dengan presentasi kepada calon pengguna aplikasi ON-SR UII untuk ditinjau dari fitur yang dibutuhkan apakah sudah mengakomodasi seluruh kebutuhan pengguna atau belum, dan juga penilaian terhadap estetika desain yang telah dibangun. Pengujian tampilan user dilakukan dengan moderated usability testing dengan melibatkan lima partisipan untuk menjalankan skenario yang telah dirancang sebelumnya. Hasil pengujian dengan metode moderated usability testing bahwa sebanyak 90,77% dari total skenario telah berhasil dijalankan oleh seluruh partisipan.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectself regulated learningen_US
dc.subjectuser centered designen_US
dc.subjectuser interfaceen_US
dc.titlePerancangan Antarmuka Aplikasi Online Self-Regulated Learning Universitas Islam Indonesia (On-Sr Uii) Dengan Metode User Centered Designen_US
dc.Identifier.NIM18523249


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record