Hubungan Fomo (Fear Of Missing Out) Dan Perilaku Belanja Online Kompulsif (Compulsive Online Shopping)
Abstract
Mahasiswa sebagai generasi muda memiliki tingkat FoMO yang lebih tinggi seperti
perilaku mengikuti tren tertentu misalnya produk, sehingga menimbulkan perilaku
belanja online kompulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada
hubungan positif antara FoMO dan perilaku berbelanja online kompulsif pada
mahasiswa. Peneliti menggunakan skala FoMO dan skala compulsive online
shopping (perilaku belanja online kompulsif). Jumlah subjek yang terlibat dalam
penelitian ini sebanyak 150 orang terdiri dari 24 laki-laki dan 126 perempuan dengan
kriteria usia 18-24 tahun dan rata-rata usia 21 tahun. Hasil analisis menunjukkan
nilai korelasi pearson sig. = 0,736 dengan nilai p = 0.000. Berdasarkan hasil tersebut
maka hipotesis penelitian diterima. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan
tambahan referensi tentang variabel terkait.
Collections
- Psychology [2185]