dc.description.abstract | Penggunaan media sosial Instagram saat ini tidak hanya digunakan untuk
membagikan foto dan video, kini pengguna media juga memanfaatkan Instagram sebagai
wadah membagikan digitalisasi berita untuk memenuhi kebutuhan informasi seseorang.
Akun Instagram balikpapanku merupakan salah satu akun yang membagikan digitalisasi
berita di Instagram dan menyebarkan informasi seputar Kota Balikpapan. Beragam konten
disajikan guna memberikan informasi yang dibutuhkan. Penggunaan media sosial kini telah
melekat dalam kehidupan manusia sehingga intensitas penggunaannya juga mempengaruhi
faktor seseorang dalam mencari informasi. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilakukan
dengan tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh keefektivitas konten dan intensitas
penggunaan media sosial Instagram balikpapanku terhadap pemenuhan kebutuhan informasi
followers.
Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan
eksplanasi survey. Pengumpulan data dilakukan secara daring dengan menyebarkan
kuesioner dan dibagikan kepada responden penelitian. Populasi yang diambil berasal dari
followers akun balikpapanku dan didapatkan sampel sebanyak 100 responden dengan
menggunakan teknik purposive sampling. Pengolahan data dilakukan menggunakan aplikasi
SPSS untuk mendapatkan hasil dari uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, korelasi,
analisis regresi linier, koefisien determinasi serta hasil dari uji T dan uji F. Penelitian ini
menggunakan teori penggunaan media sosial, kebutuhan informasi dan teori uses and
gratification.
Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa ketiga hipotesis yang diuji ini
diterima. Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel efektivitas konten dan
intensitas penggunaan media sosial Instagram yang simultan terhadap pemenuhan
kebutuhan informasi followers pada akun balikpapanku. Pengolahan data dibuktikan dari
hasil nilai f hitung sebesar 101,748 dengan signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05) dan
besaran pengaruhnya yaitu 67,7%. Secara parsial, besar pengaruh efektivitas konten
terhadap kebutuhan informasi followers sebesar 63,6% dengan nilai t hitung sebesar 7,602
dan signifikansi 0,000. Kemudian hasil pengaruh intensitas penggunaan media sosial
Instagram menunjukkan nilai sebesar 48,5% dengan nilai t hitung sebanyak 3,528 dan
signifikansinya 0,001 (0,001 < 0,05). | en_US |