Show simple item record

dc.contributor.advisorPuji Hariyanti, S, Sos,. M.I.Kom
dc.contributor.authorFALDA DESTHANIA
dc.date.accessioned2022-12-05T03:41:46Z
dc.date.available2022-12-05T03:41:46Z
dc.date.issued2022-08-18
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40790
dc.description.abstractPenggunaan media sosial Instagram saat ini tidak hanya digunakan untuk membagikan foto dan video, kini pengguna media juga memanfaatkan Instagram sebagai wadah membagikan digitalisasi berita untuk memenuhi kebutuhan informasi seseorang. Akun Instagram balikpapanku merupakan salah satu akun yang membagikan digitalisasi berita di Instagram dan menyebarkan informasi seputar Kota Balikpapan. Beragam konten disajikan guna memberikan informasi yang dibutuhkan. Penggunaan media sosial kini telah melekat dalam kehidupan manusia sehingga intensitas penggunaannya juga mempengaruhi faktor seseorang dalam mencari informasi. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh keefektivitas konten dan intensitas penggunaan media sosial Instagram balikpapanku terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanasi survey. Pengumpulan data dilakukan secara daring dengan menyebarkan kuesioner dan dibagikan kepada responden penelitian. Populasi yang diambil berasal dari followers akun balikpapanku dan didapatkan sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengolahan data dilakukan menggunakan aplikasi SPSS untuk mendapatkan hasil dari uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, korelasi, analisis regresi linier, koefisien determinasi serta hasil dari uji T dan uji F. Penelitian ini menggunakan teori penggunaan media sosial, kebutuhan informasi dan teori uses and gratification. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa ketiga hipotesis yang diuji ini diterima. Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel efektivitas konten dan intensitas penggunaan media sosial Instagram yang simultan terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers pada akun balikpapanku. Pengolahan data dibuktikan dari hasil nilai f hitung sebesar 101,748 dengan signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05) dan besaran pengaruhnya yaitu 67,7%. Secara parsial, besar pengaruh efektivitas konten terhadap kebutuhan informasi followers sebesar 63,6% dengan nilai t hitung sebesar 7,602 dan signifikansi 0,000. Kemudian hasil pengaruh intensitas penggunaan media sosial Instagram menunjukkan nilai sebesar 48,5% dengan nilai t hitung sebanyak 3,528 dan signifikansinya 0,001 (0,001 < 0,05).en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectInstagramen_US
dc.subjectmedia sosialen_US
dc.subjectefektivitas kontenen_US
dc.subjectintensitasen_US
dc.subjectkebutuhan informasien_US
dc.titleEfektivitas Konten Dan Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram @Balikpapanku Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers Di Balikpapanen_US
dc.Identifier.NIM18321187


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record