Evaluasi Copywriting Dalam Desain Ux Web E-Commerce
Abstract
Pada era modern saat ini, peran copywriting dalam UX sangat berpengaruh pada suatu
aplikasi. Masih ada pengguna yang mengalami kesulitan saat mengakses aplikasi karena
tulisan yang kurang menarik, tidak jelas, dan tidak mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan
untuk mengevaluasi copywriting dalam desain UX dua web berbasis e-commerce. Metode
yang digunakan adalah heuristic evaluation dengan prinsip AIDCA untuk memperbaiki
copywriting yang ada pada web. Pada penelitian ini dilakukan perancangan pengujian,
menentukan web yang akan diuji, menemukan masalah copywriting yang terdapat pada web,
dan memberi saran perbaikan terhadap copywriting pada web. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa dari web Digitaloka.net dan Itemku.com yang diuji, Digitaloka.net lebih banyak
memiliki permasalahan copywriting dibandingkan dengan Itemku.com. Dari kelima unsur
AIDCA, disimpulkan major issue terdapat web Digitaloka.net pada unsur pertama yaitu
Attention. Penggunaan bahasa yang tidak konsisten menjadi major issue karena target
pengguna harus jelas. Pada unsur kedua yaitu Interest, kedua web telah menunjukkan hasil
yang baik dengan severity ratings good practice. Unsur ketiga yaitu Desire, pada web
Digitaloka.net terdapat minor issue di mana copywriting dinilai masih kurang mengajak
pengguna. Pada unsur keempat yaitu Conviction terdapat minor issue pada web
Digitaloka.net di mana penggunaan currency dollar dan pembayaran Paypal pada halaman
checkout dinilai membingungkan karena target pengguna masih tidak jelas. Pada unsur
kelima yaitu Action, menunjukkan bahwa kedua web sudah mendukung pengguna untuk
melakukan suatu aksi yang diharapkan. Hanya saja pada Itemku.com terdapat permasalahan
pada tampilan UI yang kurangbagi pengguna desktop. Perbaikan yang dapat dilakukan adalah
memberikan saran perbaikan tampilan antarmuka dengan mengubah copywriting yang dinilai
menjadi masalah. Hasil penelitian dapat membantu pengembang dalam memperbaiki
copywriting pada web agar lebih baik.
Collections
- Informatics Engineering [2148]