Show simple item record

dc.contributor.advisorHanson Prihantoro Putro, S.T., M.T.
dc.contributor.authorMOCH DIAN NAFI
dc.date.accessioned2022-11-30T07:55:43Z
dc.date.available2022-11-30T07:55:43Z
dc.date.issued2022-07-18
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40732
dc.description.abstractPada era modern saat ini, peran copywriting dalam UX sangat berpengaruh pada suatu aplikasi. Masih ada pengguna yang mengalami kesulitan saat mengakses aplikasi karena tulisan yang kurang menarik, tidak jelas, dan tidak mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi copywriting dalam desain UX dua web berbasis e-commerce. Metode yang digunakan adalah heuristic evaluation dengan prinsip AIDCA untuk memperbaiki copywriting yang ada pada web. Pada penelitian ini dilakukan perancangan pengujian, menentukan web yang akan diuji, menemukan masalah copywriting yang terdapat pada web, dan memberi saran perbaikan terhadap copywriting pada web. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari web Digitaloka.net dan Itemku.com yang diuji, Digitaloka.net lebih banyak memiliki permasalahan copywriting dibandingkan dengan Itemku.com. Dari kelima unsur AIDCA, disimpulkan major issue terdapat web Digitaloka.net pada unsur pertama yaitu Attention. Penggunaan bahasa yang tidak konsisten menjadi major issue karena target pengguna harus jelas. Pada unsur kedua yaitu Interest, kedua web telah menunjukkan hasil yang baik dengan severity ratings good practice. Unsur ketiga yaitu Desire, pada web Digitaloka.net terdapat minor issue di mana copywriting dinilai masih kurang mengajak pengguna. Pada unsur keempat yaitu Conviction terdapat minor issue pada web Digitaloka.net di mana penggunaan currency dollar dan pembayaran Paypal pada halaman checkout dinilai membingungkan karena target pengguna masih tidak jelas. Pada unsur kelima yaitu Action, menunjukkan bahwa kedua web sudah mendukung pengguna untuk melakukan suatu aksi yang diharapkan. Hanya saja pada Itemku.com terdapat permasalahan pada tampilan UI yang kurangbagi pengguna desktop. Perbaikan yang dapat dilakukan adalah memberikan saran perbaikan tampilan antarmuka dengan mengubah copywriting yang dinilai menjadi masalah. Hasil penelitian dapat membantu pengembang dalam memperbaiki copywriting pada web agar lebih baik.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectAIDCAen_US
dc.subjectcopywritingen_US
dc.subjectheuristic evaluationen_US
dc.subjectuser experienceen_US
dc.subjectux writingen_US
dc.subjectweb e-commerceen_US
dc.titleEvaluasi Copywriting Dalam Desain Ux Web E-Commerceen_US
dc.Identifier.NIM16523127


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record