Hubungan Nomophobia Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Di Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara nomophobia terhadap
motivasi belajar pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Indonesia. Hipotesis
dalam penelitian ini adalah semakin tinggi tingkat nomophobia seseorang, maka
semakin rendah tingkat motivasi belajarnya. Responden penelitian ini berjumlah 120
(105 perempuan dan 15 laki-laki) yang tersebar di berbagai daerah. Alat ukur yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Motivasi Belajar yaitu Academic
Motivation Scale (AMS) dan Skala Nomophobia yaitu Nomophobia Questionnaire
(NMP-Q). Metode analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi Spearman’s
Rho menggunakan SPSS 26.0 for windows. Hipotesis dalam penelitian ini diterima
dimana terdapat hubungan negatif antara nomophobia terhadap motivasi belajar siswa.
Collections
- Psychology [2173]