Strategi Diplomasi Budaya Korea Tourism Organization Terhadap Indonesia Pada Tahun 2017-2021
Abstract
Diplomasi budaya sendiri ialah adanya upaya dari suatu negara untuk memperoleh
kepentingan nasionalnya dengan cara melirik nilai-nilai kebudayaan seperti ilmu
pengetahuan, olahraga, kesenian dan pendidikan. Lewat diplomasi budaya, Korea
Selatan membuat suatu gagasan yakni Korea Tourism Organization (KTO) untuk
meningkatkan kerja sama di negara-negara khususnya Indonesia dalam
menyebarkan nilai-nilai budaya Korea Selatan. Peran KTO sendiri dalam upaya
menyebarkan budaya melakukan branding menyelenggarakan Korea Festival,
Korea Travel Fair, penggunaan idola Korea Selatan menjadi duta pariwisata, dan
penggunaan media digital sebagai promosi. Dari sana, penulis akan menganalisis
penelitian ini dengan menggunakan teori diplomasi budaya oleh Tulusn Warsito
dan Kartika Sari. Dimana teori ini menganalisis suatu diplomasi budaya dengan
cara situasi damai dimana ada diplomasi budaya dikarenakan kedua negara tersebut
mempunyai hubungan yang baik sehingga terciptanya kerja sama. Lalu, bentuk
eksibisi dimana suatu negara menampilkan ilmu kesenian, pendidikan, teknologi,
pariwisata dalam bentuk pameran untuk terciptanya sebuah tujuan pengakuan.
Pengakuan dibutuhkan untuk terciptanya citra positif suatu negara di negara lain.
Sarana pariwisata sebagai wadah untuk mencapai sebuah tujuan dari bentuk
eksibisi.
Collections
- International Relations [502]