Analisis Faktor Penentu Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Kecantikan Halal Dengan Metode Analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (Sem-Pls)
Abstract
Produk kecantikan termasuk pada highly processed product yang merupakan produk
dengan beragam bahan campuran yang dapat bersumber dari hewan ataupun tumbuhan.
Beragamnya bahan campuran pada produk kecantikan sangat memungkinkan akan
mengandung bahan-bahan yang najis/haram, sehingga perlu untuk mencermati titik kritis
keharamannya sebelum memutuskan untuk membeli, salah satu caranya yaitu melihat
ketersediaan label halal sebelum membelinya. Produk kecantikan halal saat ini mulai
menarik perhatian konsumen muslim Indonesia, namun belum tentu menunjukkan bahwa
konsumen produk kecantikan halal mengutamakan kehalalan produk, karena terdapat
faktor lain yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian, seperti kualitas produk dan
harga produk. Objek penelitian ini yaitu mahasiswi Universitas Islam Indonesia. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, label halal, dan harga produk
terhadap keputusan pembelian produk kecantikan halal, kemudian berdasarkan hasil
tersebut dilakukan evaluasi kesadaran dan kepedulian mahasiswi terhadap kehalalan serta
memberikan rekomendasi untuk dapat meningkatkannya. Metode penelitian ini yaitu
analisis SEM-PLS dan analisis deskriptif untuk mengetahui persepsi mahasiswi pada
masing-masing variabel bebas. Hasil penelitian ini yaitu ketiga variabel masing-masing
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan
hasil uji SEM-PLS, diketahui bahwa kualitas produk memiliki pengaruh yang lebih besar
terhadap keputusan pembelian produk kecantikan halal, dibandingkan faktor halal (label
halal). Berdasarkan analisis deskriptif, secara umum kesadaran dan kepedulian halal
mahasiswi adalah tinggi. Namun penempatan faktor halal (label halal) sebagai prioritas
ketika membeli produk kecantikan masih belum diterapkan oleh sebagian besar
mahasiswi Universitas Islam Indonesia. Untuk dapat memaksimalkan tingkat kesadaran
dan kepedulian mahasiswi terhadap kehalalan, maka rekomendasi yang dapat diberikan
yaitu merancang sebuah aplikasi yang dapat diakses melalui handphone yang memiliki
fungsi utama untuk memudahkan masyarakat dalam menemukan produk kecantikan yang
telah memiliki sertifikat halal yang diterbitkan oleh BPJPH. Dengan menggunakan
aplikasi ini, menandakan bahwa pengguna menjadikan kehalalan sebagai faktor utama
ketika ingin membeli produk, karena aplikasi tersebut hanya menampilkan produk
kecantikan yang sudah berlabel halal BPJPH.
Collections
- Industrial Engineering [2321]