Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Qurtubi, S.T., M.T.
dc.contributor.authorERITRINA RIZKI CHAIRANI
dc.date.accessioned2022-11-28T07:16:58Z
dc.date.available2022-11-28T07:16:58Z
dc.date.issued2022-07-11
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40664
dc.description.abstractProduk kecantikan termasuk pada highly processed product yang merupakan produk dengan beragam bahan campuran yang dapat bersumber dari hewan ataupun tumbuhan. Beragamnya bahan campuran pada produk kecantikan sangat memungkinkan akan mengandung bahan-bahan yang najis/haram, sehingga perlu untuk mencermati titik kritis keharamannya sebelum memutuskan untuk membeli, salah satu caranya yaitu melihat ketersediaan label halal sebelum membelinya. Produk kecantikan halal saat ini mulai menarik perhatian konsumen muslim Indonesia, namun belum tentu menunjukkan bahwa konsumen produk kecantikan halal mengutamakan kehalalan produk, karena terdapat faktor lain yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian, seperti kualitas produk dan harga produk. Objek penelitian ini yaitu mahasiswi Universitas Islam Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, label halal, dan harga produk terhadap keputusan pembelian produk kecantikan halal, kemudian berdasarkan hasil tersebut dilakukan evaluasi kesadaran dan kepedulian mahasiswi terhadap kehalalan serta memberikan rekomendasi untuk dapat meningkatkannya. Metode penelitian ini yaitu analisis SEM-PLS dan analisis deskriptif untuk mengetahui persepsi mahasiswi pada masing-masing variabel bebas. Hasil penelitian ini yaitu ketiga variabel masing-masing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji SEM-PLS, diketahui bahwa kualitas produk memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap keputusan pembelian produk kecantikan halal, dibandingkan faktor halal (label halal). Berdasarkan analisis deskriptif, secara umum kesadaran dan kepedulian halal mahasiswi adalah tinggi. Namun penempatan faktor halal (label halal) sebagai prioritas ketika membeli produk kecantikan masih belum diterapkan oleh sebagian besar mahasiswi Universitas Islam Indonesia. Untuk dapat memaksimalkan tingkat kesadaran dan kepedulian mahasiswi terhadap kehalalan, maka rekomendasi yang dapat diberikan yaitu merancang sebuah aplikasi yang dapat diakses melalui handphone yang memiliki fungsi utama untuk memudahkan masyarakat dalam menemukan produk kecantikan yang telah memiliki sertifikat halal yang diterbitkan oleh BPJPH. Dengan menggunakan aplikasi ini, menandakan bahwa pengguna menjadikan kehalalan sebagai faktor utama ketika ingin membeli produk, karena aplikasi tersebut hanya menampilkan produk kecantikan yang sudah berlabel halal BPJPH.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectProduk Kecantikan Halalen_US
dc.subjectKeputusan Pembelianen_US
dc.subjectKesadaran dan Kepedulian Halalen_US
dc.subjectSEM-PLSen_US
dc.titleAnalisis Faktor Penentu Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Kecantikan Halal Dengan Metode Analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (Sem-Pls)en_US
dc.Identifier.NIM17522149


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record