Implementasi Metode User-Centered Design Dan Human-Centered Design Pada Aplikasi Di Pt Smartfren Telecom, Tbk
Abstract
Smartfren merupakan penyedia layanan telekomunikasi yang memiliki sebuah aplikasi
membeli kuota, dan berbagai aktivitas lainnya. Informasi kuota dapat dilihat oleh pengguna
pada dashboard kuota. Terdapat beberapa masalah pada dashboard kuota, antara lain adalah
kesalahpahaman pengguna pada saat melihat sisa kuota, tidak terdapat informasi yang jelas
mengenai midnight kuota, dan minimnya pengguna telepon dan sms. Oleh karena itu,
dibutuhkan perbaikan atau mendesain ulang dashboard kuota untuk menyelesaikan
dengan menghadirkan produk-produk digital baru. Produk digital yang sudah rilis adalah SF
Shop. SF Shop merupakan e-commerce user
experience pemesanan tempat merupakan salah satu yang harus dilakukan untuk menjadi
sebuah usulan dalam produk digital baru tersebut. Dalam mendesain ulang dashboard kuota
dan merancang user experience pemesanan tempat menggunakan metode berpusat manusia
atau pengguna, yaitu User-Centered Design (UCD) dan Human-Centered Design (HCD).
Metode UCD dalam prosesnya lebih spesifik pada suatu produk dan berfokus pada pengalaman
pengguna. Maka dari itu, metode UCD tepat dan efektif untuk diimplementasikan dalam
mendesain ulang dashboard kuota. Metode HCD baik dan efektif untuk digunakan dalam
perancangan user experience pemesanan tempat. Hal ini dikarenakan HCD merupakan sebuah
metode yang pada tahapannya berfokus pada karakteristik alami manusia secara umum. Dalam
pelaksanaanya setiap solusi tidak langsung disetujui oleh stakeholder. Sehingga harus
dilakukan beberapa revisi untuk menemukan solusi yang disetujui oleh semua pihak.
Collections
- Informatics Engineering [2148]