Penggunaan Sistem Informasi Pemesanan Surat Berbasis Website Sebagai Penunjang Administrasi Pemerintahan Di Kalurahan Sinduharjo
Abstract
Teknologi informasi yang terus berkembang secara terus-menerus termasuk akan
mempengaruhi aspek-aspek kehidupan agar perkembangan tersebut dapat berguna dan
bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Manfaat yang bisa didapatkan dari perkembangan
teknologi informasi adalah dapat memudahkan beberapa pekerjaan yang dilakukan oleh
manusia tidak terkecuali dengan pelaksanaan administrasi pemerintahan. Pelaksanaan
administrasi pemerintahan untuk pemesanan surat di Kalurahan Sinduharjo yang berada di
bawah Kapanewon Ngaglik masih dilakukan secara manual dan tidak memiliki arsip
penyimpanan untuk cadangan surat yang dikhawatirkan hilang atau rusak. Berdasarkan
dengan hal ini, maka dari itu diberikan usulan solusi untuk Penggunaan Sistem Informasi
Pemesanan Surat Berbasis Website di Kalurahan Sinduharjo yang dimodifikasi dari sistem
yang sebelumnya sudah pernah digunakan di Desa Umbulmartani. Metodologi yang
dilakukan selama pengabdian masyarakat ini adalah Identifikasi Masalah, Observasi Bidang,
Pengumpulan Data, Modifikasi Sistem, Implementasi Penggunaan Sistem, dan Pengukuran
Dampak Keberhasilan Pengabdian Masyarakat. Hasil dari pelaksanaan pengabdian
masyarakat ini adalah penggunaan teknologi informasi yang optimal untuk membantu
pelayanan administrasi pemerintahan pemesanan surat di Kalurahan Sinduharjo dengan
menggunakan sistem informasi pemesanan surat berbasis website yang dimodifikasi dari
sistem yang sebelumnya sudah digunakan. Sistem ini dapat membantu pihak pemerintahan
maupun warga dari Kalurahana Sinduharjo dalam proses pelayanan administrasi pemesanan
surat serta meminimalisir permasalahan ataupun kendala yang muncul selama proses
pelayanan pemesanan surat yang selama ini sudah dilakukan.
Collections
- Informatics Engineering [2148]