Peran Dukungan Teman Sebaya Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik bagaimana peran
dukungan teman sebaya terhadap penyesuaian diri siswa berkebutuhan khusus di
sekolah inklusi. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah akan ada
hubungan positif antara dukungan teman sebaya dengan penyesuaian diri pada
siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Penelitian ini menggunakan
metode pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Responden
pada penelitian ini berjumlah 63 siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi.
Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini merupakan skala penyesuaian diri
yang dikembangkan oleh Iskandar (2018) berdasarkan teori dari Schneiders
(1964) dan Child and Adolescent Social Support Scale (CASSS) milik Malecki
dan Demaray (2002). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan
positif yang signifikan antara dukungan teman sebaya dengan penyesuaian diri
siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi (r = 0.467; p < 0.05).
Collections
- Psychology [2270]