Show simple item record

dc.contributor.advisorNur Widiasmara, S.Psi., M.Psi., Psikolog
dc.contributor.authorAUDIFA SWASTRIANA PUTRI
dc.date.accessioned2022-11-21T02:22:30Z
dc.date.available2022-11-21T02:22:30Z
dc.date.issued2022-08-05
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40539
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik bagaimana peran dukungan teman sebaya terhadap penyesuaian diri siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah akan ada hubungan positif antara dukungan teman sebaya dengan penyesuaian diri pada siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Responden pada penelitian ini berjumlah 63 siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini merupakan skala penyesuaian diri yang dikembangkan oleh Iskandar (2018) berdasarkan teori dari Schneiders (1964) dan Child and Adolescent Social Support Scale (CASSS) milik Malecki dan Demaray (2002). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan teman sebaya dengan penyesuaian diri siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi (r = 0.467; p < 0.05).en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectDukungan teman sebayaen_US
dc.subjectpenyesuaian dirien_US
dc.subjectsiswa berkebutuhan khususen_US
dc.subjectsekolah inklusien_US
dc.titlePeran Dukungan Teman Sebaya Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusien_US
dc.Identifier.NIM18320264


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record