Upaya Diplomasi Publik Jepang Melalui Anime Dengan Menggunakan Strategi Cool Japan Terhadap Indonesia Tahun 2002-2017
Abstract
Jepang merupakan negara yang kaya akan kebudayaan, salah satu
kebudayaan Jepang yang mendunia yaitu melalui pesona anime. Anime sendiri
merupakan salah satu dari penyebaraan kebudayaan yang dilakukan Jepang ke
dunia Internasional melalui strategi Cool Japan. Jepang yang pada kala itu sedang
mengalami perekonomian yang tidak stabil sehingga pemerintah Jepang mencari
cara untuk melakukan sebuah upaya perbaikan ekonomi tersebut, melalui sebuah
artikel yang ditulis oleh Douglas Mcgray pada tahun 2002, menyadarkan
pemerintahan Jepang akan potensi-potensi kebudayaan yang dimiliki Jepang.
Sehingga Pemerintahan Jepang langsung melancarkan strategi Cool Japan
tersebut dengan menggunakaan diplomasi publik dalam melakukan pendekatan
kerja sama kepada negara lain salah satunya Indonesia.
Penelitian ini akan membahas terkait upaya diplomasi publik yang
dilakukan Jepang dalam menyebarkan kebudayaan mereka melalui pesona anime
dengan menggunakan strategi Cool Japan terhadap Indonesia. Jepang membuat
festival budaya dalam penyebarannya agar masyarakat memahami betul terkait
kebudayaan Jepang melalui anime ini. Dan peminat anime di Indonesia ini juga
sangat besar, hal tersebut dapat dilihat bahwa peminat anime bukan anak-anak
saja namun orang dewasa juga.
Collections
- International Relations [503]