Show simple item record

dc.contributor.authorGILANG RAMADHAN YOWANDIKA
dc.date.accessioned2022-11-17T04:02:48Z
dc.date.available2022-11-17T04:02:48Z
dc.date.issued2022-08-16
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40485
dc.description.abstractJepang merupakan negara yang kaya akan kebudayaan, salah satu kebudayaan Jepang yang mendunia yaitu melalui pesona anime. Anime sendiri merupakan salah satu dari penyebaraan kebudayaan yang dilakukan Jepang ke dunia Internasional melalui strategi Cool Japan. Jepang yang pada kala itu sedang mengalami perekonomian yang tidak stabil sehingga pemerintah Jepang mencari cara untuk melakukan sebuah upaya perbaikan ekonomi tersebut, melalui sebuah artikel yang ditulis oleh Douglas Mcgray pada tahun 2002, menyadarkan pemerintahan Jepang akan potensi-potensi kebudayaan yang dimiliki Jepang. Sehingga Pemerintahan Jepang langsung melancarkan strategi Cool Japan tersebut dengan menggunakaan diplomasi publik dalam melakukan pendekatan kerja sama kepada negara lain salah satunya Indonesia. Penelitian ini akan membahas terkait upaya diplomasi publik yang dilakukan Jepang dalam menyebarkan kebudayaan mereka melalui pesona anime dengan menggunakan strategi Cool Japan terhadap Indonesia. Jepang membuat festival budaya dalam penyebarannya agar masyarakat memahami betul terkait kebudayaan Jepang melalui anime ini. Dan peminat anime di Indonesia ini juga sangat besar, hal tersebut dapat dilihat bahwa peminat anime bukan anak-anak saja namun orang dewasa juga.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectJepangen_US
dc.subjectIndonesiaen_US
dc.subjectDiplomasi Publiken_US
dc.subjectCool Japanen_US
dc.subjectDaya Tarik Animeen_US
dc.titleUpaya Diplomasi Publik Jepang Melalui Anime Dengan Menggunakan Strategi Cool Japan Terhadap Indonesia Tahun 2002-2017en_US
dc.Identifier.NIM18323029


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record